Zudan AF: Peringati HUT ke-80 dan Lustrum ke-16, Alumni SMA 3 Padmanaba Fokuskan Pada Kegiatan Sosial

Puluhan Anak Disunat Sambil Naik Jip dan VW


BANTUL (wartamerdeka.info) - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 atau Lustrum ke-16 SMA Negeri 3 Jogjakarta (Padmanaba) digelar dengan kegiatan sosial. Salah satunya adalah sunatan massal yang digelar di Padukuhan Jonoran Wetan, Triwidadi, Pajangan, Bantul. Uniknya, dalam kegiatan tersebut anak yang akan disunat diarak dulu dengan mobil VW dan Jeep.

Ketua Lustrum 80 Padmanaba Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, kegiatan sunatan massal itu memang sengaja dikonsep secara menyenangkan dengan pawai mobil VW dan Jeep. Hal itu supaya anak-anak yang akan disunat tidak tegang dan harapannya bisa menganggapnya sunat adalah kegiatan yang menyenangkan.

Lebih dari itu, pemegang jabatan Direktur Jenderal Dukcapil tersebut menyampaikan bahwa selain mendapatkan sunat gratis, anak-anak yang menjadi peserta sunatan massal juga mendapatkan uang, saku, sembako serta perlengkapan sekolah. Pesertanya sendiri mencapai 90 anak dari seluruh kota/kabupaten di DIY.

"Kebetulan saat ini adalah musim liburan sekolah. Diharapkan setelah liburan, anak-anak yang sudah sunat lebih bertanggung jawab lagi terhadap kewajibannya menuntut ilmu dan sholat 5 waktu bagi yang beragama islam," ujar Zudan di sela kegiatan, Minggu (26/5/2022).

Ketua I Keluarga Besar Alumni Padmanaba Triyanto menambahkan,  kegiatan sunatan massal tersebut pembuka rangkaian peringatan HUT Padmanaba ke-80.  Hingga puncaknya di bulan September nanti, para alumni akan menggelar berbagai kegiatan bakti sosial.

Hal itu juga, lanjut Triyanto, juga sesuai dengan tema kegiatan yang diangkat yakni Mengabdi Tiada Henti, Berbagi setiap Hari. Bentuk kegiatannya sendiri selain melaksanakan sunatan massal juga akan dibuka pemberian pelayanan kesehatan gratis hingga mengunjungi panti asuhan, penyediaan air bersih dan berbagai bentuk kegiatan berbagi dan kegiatan sosial lainnya.

"Semua kegiatan lustrum adalah berbagi dengan masyarakat, mengingat pasca pandemi ekonomi masih belum membaik," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sunatan Massal Padmanaba Satya Wiragraha menyatakan peserta yang ikut sunatan massal ini tidak hanya umat muslim saja. Dari total 90 peserta sunatan masal setidaknya ada 11 peserta yang non muslim.

"Inilah wujud dari harmoni dari kegiatan Padmanaba yang tidak mengenal agama, ras, dan golongan. Perbedaan menyatukan alumni Padmanaba," beber Satya. 

Bupati Bantul Halim Muslich yang menjadi tuan rumah dalam acara ini memberikan apresiasi yang tinggi dan berterima kasih atas bakti sosial alumni SMA 3 Padmanaba ini. "Saya memberi apresiasi tinggi kepada keluarga besar alumni SMA 3 Padmanaba yang menyelenggarakan sunatan massal yang sangat bermanfaat bagi masyarakat".

Posting Komentar untuk "Zudan AF: Peringati HUT ke-80 dan Lustrum ke-16, Alumni SMA 3 Padmanaba Fokuskan Pada Kegiatan Sosial "