Tingkatkan Pengalaman PKK, Lurah Pasar 1 Adakan Pelatihan Peningkatan Pendapatan UP2K

MUARA ENIM (wartamedeka.info) - Demi meningkatkan kinerja PKK, Kelurahan Pasar 1  mengadakan  Pelatihan Peningkatan Pendapatan (UP2K) PKK Kelurahan Pasar I Muara Enim dilaksanakan di Rumah Sunarwan Ketua RT 02 RW 04 Kelurahan Pasar I Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim, Rabu (21/09/2022).

Turut hadir dalam pelatihan para PKK Kelurahan Pasar 1 tersebut, Lurah Pasar1, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Narasumber dan pegawai kantor Lurah serta ibu ibu anggota PKK.

Indriati SE selaku narasumber pelatihan memberikan penjelasan cara membuat kerupuk Kopi Nasi (Kopnas). 

"Untuk membuat kopnas ini sangat mudah cukup menyediakan bahan dasar Kopi dan Nasi, selain dari itu tetap menggunakan bahan lainnya, seperti tepung tapioka, gula, garam dan penyedap rasa," jelas Indri.

Ditambahkan Indri, untuk cara pembuatan Kopnas ini, pertama nasi diblender, dicampur dengan semua bahan jadi satu dan di uleni dibuat lenjer seperti membuat empek empek.

Setelah itu sisihkan air hingga lenjer mengapung, diangkat dijemur sementara kurang lebih 2 jam, simpan di kulkas setelah itu dijemur hingga kering tergantung cuaca. Hingga kerupuk siap untuk digoreng dan dipasarkan.

"Metode pembuatan ini tidak susah, tinggal ada kemauan atau tidak dalam mengembangkan usaha, setiap sesuatu itu harus butuh kerja keras dan ulet untuk hasil yang baik," tuturnya.

Sementara itu Lurah Pasar I Miftah Sari Sip MSi mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar Ibu Ibu PKK di Kelurahan Pasar I bisa tahu hal apa saja yang bisa dijadikan suatu usaha dan menghasilkan nilai jual. 

Contoh sedikit tadi, sebenarnya tidak susah, bahan pokoknya dari nasi dan kopi, itu hal yang bisa ibu ibu PKK lakukan setiap harinya. Tinggal lagi, ada kemauan dan kerja keras untuk membuat usahan olahan yang bisa menghasilkan dengan biaya yang sederhana. 

"Tentunya dengan adanya hasil dari setiap olahan, akan berdampak positif untuk pendapatan dikhususkan Keluarah Pasar 1. Kalau bisa setiap masing masing ibu ibu PKK Kelurahan Pasar 1 ini punya pengasilan masing masing dari setiap usahanya, mungkin ada yang budidaya ikan, sayur, jenis makan ringan, dan lain sebagainya," harapnya. (Dedi).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama