HKG PKK Ke-50, Suardi Saleh - Hasnah Syam 'Pamer' Kemesraan

BARRU (wartamerdeka.info) - Hari Kesatuan Gerak (HKG) Penggerak Pemberdayaan Keluarga (PKK) ke 50 diperingati Tim Penggerak Pemberdayaan Kesehjateraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Barru di Baruga Singkerru Ada'e Rujab Bupati Barru, Kamis (20/10/2022).

Peringatan HKG PKK ke-50 Tahun 2022 mengusung tema ‘Lima Puluh Tahun Gerakan PKK, Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama turut dihadiri Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si. 

Bupati Barru Suardi Saleh dalam arahannya menyampaikan syukur bahwa pelaksanaan HKG ke-50 tingkat kabuapaten Barru tahun ini berjalan aman dan lancar. 

“Selamat atas peringatan tahun emas gerakan PKK, semoga diusianya yang Ke 50 Tahun, PKK semakin dinamis dan terus memaksimalkan perannya,"ucap Suardi Saleh 

Bupati mengapresiasi PKK ini selama ini berhasil dalam capaian-capaiannya termasuk sejumlah penghargaan yang diterimanya. Adanya penghargaan itu kata dia hendaknya dapat menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan perannya.

Dirinya berharap para kader PKK menjadikan HKG sebagai muhasabah atau  momentum refleksi untuk mengavaluasi kekurangan, sekaligus membangkitkan semangat pengabdian.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Barru drg. Hj. Hasnah Syam MARS pada kesempatan ini membacakan sambutan Ketua Umum PKK Pusat Tri Tito Karnavian yang  menerangkan bahwa HKG ke-50 PKK kali ini menjadi sangat istimewa karena merupakan peringatan Tahun Emas gerakan PKK di Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini saya mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada ruh-nya yakni sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga. Artinya, keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang harus kita berdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya maka berarti gerakan PKK juga berpotensi memperdayakan masyarakat secara keseluruhan,” terangnya.

Untuk itu, lanjut dia, tema HKG tahun 2022 ini harus melekat dalam hati sanubari sebagai keluarga besar gerakan PKK dan menjadi tekad bersama untuk mendedikasikan diri ikut serta memajukan negara dan bangsa Indonesia.

Dikatakan,  50 tahun perjalanan gerakan PKK tentu banyak hal yang telah dilakukan dan dinamika perjalanan gerakan PKK selama ini bisa menjadi bahan pembelajaran bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan Cipta, Rasa dan Karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus.

“Sesuai dengan kesepakatan hasil Rakernas, saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan tim penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang. Hal ini menjadi penting karena pada hakikatnya program-program mereka dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran ketika dikelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang baik,” lanjutnya.  

Hasnah Syam  menyampaikan  harapan Ketua Umum PKK Pusat yang menyebut bahwa PKK adalah mitra kerja pemerintah sehingga harus mampu menyelaraskan dengan kebijakan pemerintah dan dengan pola pendekatan sosial bisa meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Dalam kesempatan tersebut Hasnah Syam mengingatkan kerjasamannya membantu pemerintah dalam penurunan stunting.

Acara  yang dihadiri pengurus PKK hingga tingkat Desa/Kelurahan menjadi sangat istimewa bukan hanya karena tahun emas,  tapi Bupati Barru Surdi Saleh dan Ketua TP.PKK Hj. Hasnah Syam tidak sungkan memamerkan kemesraan. Setelah Hasnah Syam menyuapi Suardi Saleh, sejurus kemudian sang Suami,  Suardi Saleh lalu mencium kening Hasnah Syam, Isterinya. 

Bukan hanya itu, pasangan setia ini lalu berbalas pantun. Hasnah Syam lebih awal melontarkan sebuah pantun,  "Jauh ke Kota beli perak, singgah sebentar baca berita. PKK Barru terus bergerak Enyahkan Stunting Pada Balita."

"Pohon jati berbuah kedondong, Pak Bupati Minta Pantung Dong,' goda Hasnah Syam yamg langsung dibalas Bupati Suardi Saleh, "Nontong Konser Aura Kasih,Sekian dan terima kasih."

Sebelumnya, Sekretaris TP- PKK Kabupaten Barru sekaligus Ketua Panitia Emmy Eka Niswan melaporkan momentum HKG diperingati setiap tahunnya.

Dalam acara tersebut Hari Peringatan HKG-PKK Ke-50 Tahun 2022 mengusung tema ”Lima puluh Tahun Gerakan PKK, Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama”

"HKG dirangkaikan lomba 10 gerak PKK dan lomba lainnya,"kata Sekdis Kesehatan Barru itu. 

Hadir Kepala OPD Barru, Ketua DWP Barru, Ketua Tim PKK Kecamatan dan Desa serta lurah.

(Humas IKP/Syam)

Posting Komentar untuk "HKG PKK Ke-50, Suardi Saleh - Hasnah Syam 'Pamer' Kemesraan"