Warga Desa Alam Jaya Lampura Berikan Apresiasi Atas Terlaksananya Program SPAM

LAMPUNG UTARA (wartamerdeka.info) -  Desa Alam Jaya, Kecamatan Kotabumi Selatan merupakan sebuah desa yang terletak paling ujung Kabupaten Lampung Utara (Lampura) dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. 

Sama seperti daerah dataran tinggi lainya, warga desa setempat kerap kesulitan mencari sumber air saat musim kemarau tiba. 

Meski telah memiliki beberapa sumur bor umum yang dibangun oleh pemerintah, masyarakat masih belum merasakan manfaatnya secara merata, dikarenakan sebagian rumah warga berada berjauhan dari titik sumur bor sehingga mereka harus menyiapkan peralatan dan tenaga ekstra untuk mengangkut dan menampung air sampai ke kediaman mereka. 

Menyikapi hal itu, Kepala Desa Alam Jaya dibantu Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) berinisiatif mengajukan program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) kepada pemerintah pusat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten setempat. 

Dengan adanya program SPAM ini dinilai mampu mengatasi persoalan kekurangan ataupun bisa menjadi solusi terbaik saat musim kemarau, karena di dalam program ini, nantinya air bisa mengaliri setiap rumah warga melalui pipa-pipa yang tersambung dari bak penampung air yang kapasitasnya lumayan besar. 

"Alhamdulillah tahun ini, Desa Alam Jaya di berikan bantuan oleh pemerintah berupa program SPAM, mudah mudahan progam ini bisa menjawab keluhan masyarakat saat musim kemarau," ungkap Iyus Saputra, Ketua KSM Desa Alam Jaya saat diwawancarai media ini, Selasa (11/10/2022). 

Hal senada, disampaikan oleh Tokoh Masyarakat Rozali, didampingi Damri dan Arison, mereka mengucapkan terimakasih kepada pemerintah, baik itu pemerintah pusat, daerah serta aparatur desa setempat. 

"Kami sangat berterima kasih sudah di berikan bantuan melalui program SPAM ini, mudah-mudahan kedepannya masyarakat alam jaya tidak kesulitan lagi untuk mencari air bersih," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Dusun Edo Setiawan bersama Lanjar selaku RT setempat menyambut baik atas realisasi bantuan program tersebut. Pihaknya mengharapkan dengan adanya program seperti ini bisa menjadi landasan pacu agar desa alam jaya menjadi desa yang maju dan desa mandiri serta menjadi desa yang sejuk aman dan nyaman. 

"Semoga bantuan program ini bisa membawa manfaat untuk masyarakat secara menyeluruh dan dapat dipergunakan serta dirawat dengan baik," pungkasnya.(yoke)

Posting Komentar untuk "Warga Desa Alam Jaya Lampura Berikan Apresiasi Atas Terlaksananya Program SPAM"