HUT Kota Bekasi Ke 26 dan 6 Bulan Pra Purna Tugas, Plt Walikota Masih Hutang Penanggulangan Banjir


BEKASI (wartamerdeka.info) - Memasuki 26 tahun usia Kota Bekasi (10 Maret 2023) dan 6 bulan  pra purna bhakti 20 September 2023 mendatang, Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto masih berhutang visi misi Bekasi Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan, terutama penanggulangan banjir. Fenomena banjir yang merendam tidak bisa dianggap sebagai sebuah permasalahan tahunan dan biasa. Namun harus diselesaikan secara radikal, terintegrasi dan politic will yang bukan sekedar pencitraan politik. 


Menurut Pemerhati Kebijakan dan Pelayanan Publik Didit Susilo,  penyebab banjir yang terjadi selain faktor intensitas curah hujan yang tinggi, juga dampak akumulasi dari berbagai persoalan tata ruang yang tidak ideal dan pengembangan wilayah perkotaan yang masif tidak terukur. " Sebagai daerah hilir memang tidak gampang penanggulangan banjir karena ada banjir kiriman dari wilayah Bogor. Tetapi harus ada progres riel untuk meminimalisir banjir," jelasnya.


Ditegaskannya, permasalahan klasik banjir tidak bisa diselesaikan secara parsial dan hanya asal ada proyek tahunan. Harus melibatkan Pemprov Jabar dan pemerintah pusat, terutama merealisasikan kanal Kali Bekasi.


Ruwetnya penanggulangan banjir, juga disebabkan, optimalisasi  sistem drainese sekunder, primer tidak terintegrasi. " Kurang sinkronya kinerja sistem drainase dan konektivitas antara drainase primer, sekunder dan tersier sering kali menjadi pemicu terjadinya luapan air di lingkungan permukiman masyarakat," terangnya. 


Dijelaskan mega proyek penanggulangan banjir meliputi normalisasi sungai, drainase, pematusan, pembangunan polder mencapai ratusan milyar. Untuk pengadaan pompa air pada tahun APBD 2022 sebesar Rp. 20 milyar. Pembelian 28 unit pompa air ukuran sedang didistribusikan ke 28 RW rawan banjir dan 14 pompa besar untuk polder tandon air. Sayangnya justru titik banjir malah makin bertambah tiap tahun. 


"Implementasi road map solusi banjir Kota Bekasi secara  menyeluruh, hingga kini belum membuahkan hasil, sesuai janji politik Pentri saat Pilkada," jelas Didit. 


Dalam visi misi Pentri terkait penanggulangan banjir yang masuk dalam program prioritas pembangunan Kota Bekasi tahun 2018 - 2023 meliputi;

1.Early warning system dan respon cepat pengendalian banjir.

2. Pengendalian banjir untuk perumahan laten banjir dan intensitas banjir tinggi. 

3. Pengendalian banjir di jalan arteri dan protokol. 

4. Pembangunan, perbaikan, dan pemeliharaan saluran/kali/gorong-gorong. 

5. Pemeliharaan situ-situ; 

6. Implementasi road map solusi banjir Kota Bekasi secara  menyeluruh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama