Sukses UKK 2024, UPTD SMKN 1 Tapalang Barat Terjunkan Da'i Safari Ramadhan 1445 Hijriah

Da'i, Hasnur Ketua OSIS Siap Tunaikan Tugas Dakwah Safari Ramadhan 1445 H.

Jelang liburan sekolah dan Marhaban Yaa Ramadhan Tahun 1445 Hijriah, UPTD SMKN 1 Tapalang Barat menggelar kegiatan berupa Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi Peserta Didiknya kelas XII. 

Selain itu, sekaligus melaksanakan Tamrin atau lebih populer disebut Training Calon Da'i dalam rangka persiapan Safari Ramadhan 1445 Hijriah khusus Peserta Didik Kelas X dan XI di sekolahnya. 

Uji Kompetensi Keahlian disingkat UKK merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi Peserta Didik SMK untuk mengukur pencapaian kompetensinya yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga pada KKNI.

Ujian Penghabisan bagi Peserta Didik Kelas XII UPTD SMKN 1 Tapalang Barat ini dimaksudkan untuk mendapatkan pengakuan Kompetensi yang dimilikinya setelah melalui proses Ujian dihadapan Asesor Eksternal dari Lembaga atau Industri yang selama ini menjadi Institusi Pasangan (Mitra Kerja) SMK.

Peserta UKK 2024 Program/Kompetensi Keahlian Elektronika (TAV)
UKK ini dilaksanakan selama 4 hari yaitu pada tanggal 4-7 Maret 2024 di sekolah, dikoordinir langsung oleh masing-masing Ketua Program dan diikuti sejumlah Peserta Didik dari 4 Program atau Konsentrasi Keahlian diantaranya; 

: 1) Ardi, S.Pd. Ketua Program/Konsentrasi Keahlian Otomotif atau Teknik Sepeda Motor (TSM) dengan peserta sebanyak 16 orang; 2) Hasnia, ST. Ketua Program/Konsentrasi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dengan peserta sebanyak 8 orang; 3) Mukarrama, S.Pd  Ketua Elektronika atau Teknik Audio Video (TAV) dengan peserta sebanyak 16 orang; dan 4) Nurmah N, S.Kom. Ketua Program/Konsentrasi Keahlian Multimedia dengan peserta sebanyak 11 orang.

Sebanyak 51 orang peserta UKK dinyatakan Lulus dengan Predikat Memuaskan dan langsung menerima Sertifikat, yang menjadi kebanggaan setiap Alumni SMK untuk menjadi syarat bisa dengan melenggang memasuki dunia kerja sesuai kompetensi yang dimilikinya.
Sementara itu, Tamrin Calon Da'i dalam rangka persiapan Safari Ramadhan 1445 Hijriah ini dikoordinir oleh Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di "SMK OKE De" yaitu : 1) Sarifuddin, S.Pd.I. M.Pd. yang juga adalah Wakasek 3 Bidang HUMAS; 2) Sidrawati, S.Pd.I.

Tamrin Calon Da'i dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 4-7 Maret 2024 di Sekolah Modern Penuh Harapan Untuk Masa Depan Cemerlang ini diikuti Peserta Didik Kelas X dan XI.

Adapun Da'i UPTD SMKN 1 Tapalang Barat yang dinyatakan Kompeten dalam rangka Safari Ramadhan 1445 Hijriah adalah sebagai berikut : 1) Muliasna; 2) Linrayani; 3) Wiralispia; 4) Gadizah; 5) Rahmadani; 6) Nurul Afiyah; 7) Masnur (Ketua OSIS Periode 2023-2024).

Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. mengatakan bahwa para Da'i tersebut di atas akan melakukan tugasnya untuk menyampaikan Dakwah dalam rangka Safari Ramadhan 1445 Hijriah di sejumlah Masjid yang ada di Desa Ahu, Desa Dungkait dan Desa Pasa'bu Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju antara lain : Masjid Nurul huda, Nurul Hidayat, Hubbul Wathan, An-Nur, Nurul Islami, Nurul Dakwah, dan Masjid Nurul Muttaqin.

Sjahrir Tamsi menambahkan, semua guru mata pelajaran di sekolahnya membangun Frekuensi yang Sama dan Cipta Kondisi untuk mengisi liburan sekolah dengan memberikan tugas sesuai mata pelajarannya masing-masing kepada seluruh Peserta Didiknya.

Tugasnya didokumentasikan dan direkam, dapat berupa foto, video dan lain-lain, kemudian dilaporkan kepada gurunya dalam bentuk Portofolio.

Secara khusus, peserta peserta didiknya diberi tugas untuk senantiasa menjalankan ibadah sesuai agamanya, dan tetap aktif belajar di rumah, di masjid, mushallah, di surau atau di tempat-tempat pengajian yang representatif untuk memperbanyak amalan dan lebih mendekatkan diri beribadah kepada Allah SWT.
(Sjahrir Tamsi)

2 Komentar

  1. Keren program Tamrin Calon Dai nya. Inovatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank You Apresiasi nya Bu. Semoga Bisa Merekruit Alumni Terbaik Untuk Industri/Perusahaan Ibu. Salam Sehat Selalu. Sjahrir Tamsi

      Hapus
Lebih baru Lebih lama