Dubes RI Untuk Kerajaan Inggris Buka Puasa Bersama di Taman Terbuka Exchange Square

Foto (Hendri L): Suasana acara Open Iftar di Exchange Square, Liverpool Street, London, Dubes Indonesia bersama masyarakat

WEST YORKSHIRE, UK, wartamerdeka.info

Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Inggris, Desra Percaya Ph.D menghadiri acara buka bersama kaum muslimin dan muslimah dari berbagai kalangan, baik Indonesia, Inggris dan bangsa lainnya di sebuah taman terbuka di Exchange Square yang bersebelahan dengan stasiun kereta bawah tanah Liverpool Street, London (23/04/2022)

 

Acara buka bersama ini merupakan acara kebudayaan tahunan yang berjudul Open Iftar, dengan induk organisasinya yang bernama Ramadan Tent Project (RTP). RTP merupakan sebuah organisasi sosial yang mempunyai misi membawa semua lapisan masyarakat untuk bisa bersatu dan bisa saling mengerti antara satu dengan yang lainnya.

 

Berawal dari gerakan sosial mahasiswa untuk membantu rekan mereka yang kesusahan dan jauh dari kampung halaman dengan menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa bersama selama bulan Ramadhan di Universitas SOAS, London di tahun 2011 kegiatan ini berkembang menjadi  gerakan sosial hingga sekarang dan telah membantu ribuan orang baik didalam dan luar negeri Inggris.  

 

Dalam kesempatan yang diberikan, Desra Percaya Ph.D, Dubes Indonesia yang mempunyai dua anak dan lulusan Universitas Birmingham Inggirs ini menyampaikan terima kasih atas kepercayaan RTP terhadap komunitas Indonesia, untuk dapat berpartisipasi dalam acara tahunan ini. Dirinya sangat mendukung misi RTP dalam menggalang persatuan dan saling menghormati, serta mengerti budaya dari berbagai bangsa yang ada didunia.

 

Dalam akun Twitternya, Omar Salha pendiri RTP mengatakan “Indah sekali, acara malam ini kami bekerja sama dengan Broadgate London, British Land PLC di Exchange Square baru yang indah. Sangat terhormat dengan hadirnya Desra Percaya (Dubes RI), Asma Khan (Penulis) dan Elizabet (Pebisnis) sebagai tamu istimewa kami”.

 

Sementara itu, Eko Kurniawan diaspora Indonesia yang sudah menetap di Inggris sejak tahun 2007 mengatakan, acara tersebut dihadiri ratusan penduduk kota London yang berasal dari manca negara yang sedang tinggal di London.

 

“Acara ini dihadiri oleh ratusan penduduk kota London yang berasal dari manca negara yang sedang tinggal di London dan juga penduduk kota London itu sendiri. Selain warga muslim hadir juga warga Inggris yang non muslim” ujarnya.

Foto (Eko K)-(Kiri-kanan): Dhita Mutiara Nabella (Ketua PPI London); Khasan Ashari (Wakil Dubes Indonesia); Desra Percaya Phd (Dubes Indonesia); Omar Salha (Founder RTP); M. Susilo (Diaspora Indonesia); Rani (Diaspora Indonesia).

Eko Kurniawan mengaku sudah beberapa kali mengikuti Opeh Iftar, karena acaranya bagus dan sekaligus bisa promosi budaya Indonesia.

 

“Saya sudah beberapa kali menghadiri acara Open Iftar yang diadakan oleh RTP karena acaranya sangat bagus sekali. Bagi kami komunitas muslim Indonesia bisa mempromosikan budaya Indonesia melalui kuliner dan keramah-tamahan adat budaya kita,” lanjut Eko.

 

Adapun Hendri Lucky, seorang diaspora Indonesia lainnya yang juga menghadiri acara tersebut menceritakan, dalam waktu 24 jam komunitas Indonesia berhasil menyumbang 500 nasi kotak.  

 

“Hanya dalam waktu 24 jam setelah dikontak oleh pihak penyelenggara, komunitas Indonesia berhasil menyumbangkan 500 nasi kotak untuk acara tersebut. Saya ke sana bersama keluarga. Di lokasi ketemu beberapa warga Indonesia lain. Alhamdulillah senang bisa ikut menyumbang makanan utk Iftar (buka puasa)  sekaligus silaturahim dan buka puasa bersama warga Indonesia dan warga London lainnya, baik muslim maupun non-muslim” ungkap Hendri.

 

Bahkan ditambahkan Eko Kurniawan, penyiapan 500 nasi kotak itu dikerjakan sekira 20 orang muslimah, dengan 25 kotak per orangnya.

 

“Makanan tersebut adalah hasil kerjasama para muslimah masyarakat Indonesia yang ikhlas memasak 25 nasi kotak tiap orangnya hingga terkumpul 500 kotak” jelas Eko. DANS/TSA007

Posting Komentar untuk "Dubes RI Untuk Kerajaan Inggris Buka Puasa Bersama di Taman Terbuka Exchange Square"